PILIH SOFWARE RESMI atau SOFWARE BAJAKAN

PILIH SOFWARE RESMI atau SOFWARE BAJAKAN

Pembuka

Waktu pertama kali saya memulai memulai memegang computer, saya tidak tahu kalau software yang di isikan ke dalam computer itu harus di beli, walu tidak semua harus di beli. Pada waktu itu saya hanya tahu kalau memang kalau computer itu jalan ya harus dengan software yang sudah ada di dalam computer itu.

Seiring dengan pengetahuan yang alhamdullilah bertambah dan harus terus bertambah, saya sekarang mulai mengerti bahwa ada kesulitan dalam membuat software yang diperuntukan buat computer, dan membutuhkan waktu untuk membuatnya sehingga membutuhkan biaya untuk membuat software tersebut, tidak dapat disanggkal bahwa untuk mengganti biaya tersebut pembuat software harus mendapatkan uang dari software yang di buatnya.

Software computer yang banyak digunakan pada saat ini adalah keluaran Microsoft, tidak bisa dipungkiri, Microsoft sudah menjadi software yang wajib bagi pengguna computer. Walaupun banyak pembuat software yang lain, akan tetapi model dan tampilannya mengacu kepada model dan tampilan Microsoft.

Kembali kepada awal mula ketidak tahuan saya bahwa sebuah software computer harus dihargai oleh sejumlah uang, karena membuatnyapun harus memakan sejumlah dana pula, ternyata bukan saya saja yang tidak tahu, akan tetapi ini sudah menjadi semacam wabah ketidaktahuan yang sudah membumi di nusantara ini.

Penjualan software

Seperti yang di sebutkan sebelumnya pembuatan sebuah software harus memakan waktu dan dana yang tidak sedikit, maka para pembuat software mengambil uang pengganti dari pembuatan software itu dengan menjual software itu sendiri.

Penjualan software yang dilakukan biasanya dengan menjual software dengan serial number tertentu. Dan setiap serial number hanya diperuntukan untuk satu computer.

Pembajakan

Mudahnya memperbanyak software computer membuat software computer pun banyak yang di bajak. Bukan karena mudah saja, akan tetapi serial yang diberikan untuk satu computer ternyata bisa di gunakan di computer lain.

Harga yang mahal akan software yang ditawarkan juga mempengaruhi pembajakan yang dilakukan semakin marak.

Software Gratis.

Selain ada software yang harus di hargai dengan sejumlah uang, ada juga software yang yang tidak perlu di beli. Software gratisan ini di sebut juga freeware. Freeware biasanya di buat oleh sebuah komunitas tertentu. Contohnya seperti program linux yang di buat oleh Open Source. Seperti software yang lain tentu software gratis juga membutuhkan dana untuk pembuatan nya. Mereka membuat software itu dengan dana dari sumbangan yang diberikan dari donator perorangan, atau dari instansi tertentu. Karena dana dari sumbangan, maka maju mundurnya software yang dihasilkan tergantung dari lancarnya sumbangan yang mengalir.

Penutup

Sekarang bagaimana anda, mau membeli software secara resmi, membajak atau memakai software garatisan.

Tinggalkan komentar